Revista Comunicación

6 Alasan Dibalik Fenomena Ganti Nama agar Hidup Lebih Bahagia

Publicado el 21 julio 2020 por Víctor V. Valera Jiménez @VictorVValera

6 Alasan Dibalik Fenomena Ganti Nama agar Hidup Lebih Bahagia

Mungkin nama bukan hal yang perlu dikhawatirkan bagi sebagian besar orang. Namun, ada pula sebagian yang lain merasa perlu ganti nama. Ada orang yang perlu menggunakan nama panggung atau nama beken untuk berbagai profesi tertentu, misalnya penulis, editor, penyanyi, aktor, dan lain-lain. Fenomena ganti nama agar memiliki kehidupan yang lebih bahagia memang hal yang lazim. Buat Anda yang ingin memberikan nama pada anak, pastikan mencari informasi kumpulan nama bayi yang memiliki makna bagus.

Alasan seseorang mengajukan penggantian nama lahir

Jangan sampai anak yang sudah dewasa tidak percaya diri dengan nama yang disandang sehingga memilih ganti nama lahir pemberian orangtua.

Beberapa nama yang dianggap udik cenderung membuat seseorang merasa malu atau minder. Ada orang yang lahir dengan nama tertentu dan merasa perlu mengganti nama karena rasa malu tersebut. Misalnya ada orang yang memiliki nama lahir tidak sesuai jenis kelamin yang mengakibatkan ejekan atau bullyan.

    Nama yang tidak identik dengan agama

Ada banyak kasus tentang pengajuan ganti nama yang dilakukan oleh orang yang memutuskan pindah agama. Ya, segala hal bisa terjadi dalam kehidupan termasuk urusan keyakinan.

Kumpulan nama bayi bisa menjadi referensi untuk calon orangtua yang menunggu kelahiran buah hati. Mencantumkan nama sang ayah atau marga dibelakang nama sang anak bukan hal yang salah. Meskipun ada sebagian kasus pengajuan ganti nama karena latar belakang keluarga yang buruk dikabulkan oleh pihak PN.

Apalah arti sebuah nama? Mungkin Anda sering mendengar kutipan Shakespeare tersebut. Namun, banyak orang memilih untuk ganti nama lahir jika memiliki arti yang buruk. Bagi penganut agama Islam, seorang muslim wajib mengganti nama yang memiliki arti tidak baik.

Bisa juga nama berbau hal-hal yang tidak disukai seseorang, misalnya muatan politis atau penggemar tokoh tertentu. Ada sebagian orang yang mengganti nama pemberian orangtua setelah dewasa akibat hal tersebut.

    Menambahkan nama suami di belakang nama istri secara resmi

Untuk wanita yang menikah dengan keluarga terhormat atau konglomerat, umum melakukan penambahan nama keluarga suami. Pergantian nama dilakukan untuk meningkatkan derajat atau prestise sang istri yang telah menjadi bagian keluarga.

    Ganti nama karena sering sakit-sakitan

Fenomena yang sering terjadi di masyarakat Indonesia adalah mengganti nama anak yang sering sakit-sakitan. Dalam tradisi atau kepercayaan sebagian masyarakat Jawa, anak yang sakit-sakitan bisa dikarenakan tidak kuat menyandang nama tersebut sehingga perlu penggantian nama.

Agar Anda tidak perlu mengganti nama si kecil karena faktor tertentu, sebaiknya pilih nama yang memiliki arti bagus. Kumpulan nama bayi yang memiliki arti baik bisa memberikan manfaat untuk kehidupan sang buah hati kelak. Nama yang baik merupakan doa yang akan kembali kepada buah hati Anda sendiri.


Volver a la Portada de Logo Paperblog