Revista Comunicación

Cara Mudah Membuat Tas Wanita Menggunakan Kain Flanel

Publicado el 28 diciembre 2019 por Víctor V. Valera Jiménez @VictorVValera
Cara Mudah Membuat Tas Wanita Menggunakan Kain Flanel

dibuat dengan menggunakan bahan tertentu namun ternyata anda bisa membuat tas dengan cara yang sangat mudah menggunakan kain flanel. Kain flanel lebih sering dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti sepatu, dompet, ataupun tas dan biasanya memiliki nilai jual yang tinggi karena dibuat secara manual.

Cara Membuat Tas Wanita Dari Kain Flanel

Anda dapat membuat tas dengan kain flanel sendiri di rumah hanya dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Kain flanel memiliki tekstur permukaan yang lembut sehingga banyak yang menggunakannya untuk membuat tas. Berikut langkah membuat tas dengan kain flanel yang mudah.

  • Benang
  • Gunting
  • Jarum jahit biasa
  • Jarum pentul
  • Kain Flanel
  • Kertas karton
  • Lem
  • Penggaris
  • Pita
  • Siapkan pensil, pulpen atau spidol
  • Tali kur atau tali lainnya
  1. Buat sketsa terlebih dahulu untuk menentukan pola dan ukuran tas yang akan dibuat. Tentukan panjang, lebar, dan tinggi tas yang akan dibuat. Anda juga bisa menambahkan tutup tas jika diinginkan tergantung kebutuhan. Sebaiknya buat sketsa pada kertas karton dengan menggunakan pensil.
  2. Gunting kain flanel yang telah disiapkan sesuai dengan pola sketsa yang telah digambar. Gunakan gunting yang tajam agar lebih mudah menggunting kain flanel dan serabut kain flanel dapat terpotong dengan baik sehingga tidak mudah rusak.
  3. Buat tali tas dengan lebar dan panjang sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan tali kur atau kain flanel sebagai tali.
  4. Gabungkan kain flanel hingga membentuk tas dengan cara dijahit. Gunakan teknik jahit melingkar agar jahitan lebih rapi dan kuat.
  5. Untuk menutupi bekas jahitan pada cover tas, anda bisa menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda sekaligus agar desain tas flanel lebih unik dan menarik.
  6. Masukkan kertas karton ke dalam tas pada bagian bawah agar tas dapat membawa barang bawaan anda yang berat.
  7. Tambahkan aksesoris sesuai keinginan, bisa menggunakan kain flanel dengan warna berbeda atau aksesoris lainnya seperti pita atau manik-manik.

Selain menggunakan cara di atas, anda juga bisa membuat tas kain flanel dengan teknik anyaman. Bahan-bahan yang diperlukan juga sama. Cukup tambahkan busa dan kancing pengait. Berikut langkah-langkah membuat tas flanel dengan teknik anyaman.

  1. Ukur kain flanel sesuai dengan ukuran tas yang diinginkan kemudian buat pola garis dengan lebar 3 cm. sebaiknya untuk mengukur dengan penggaris agar hasil potongan dapat lebih rapi dan lurus.
  2. Pilih kain flanel dengan warna lain kemudian gunting dengan pola memanjang untuk bahan anyaman.
  3. Buat pola anyaman yang diinginkan dengan menggunakan kain flanel pertama yang telah diukur dan dipotong dengan kain anyaman yang dipotong memanjang.
  4. Setelah pola anyaman jadi, gunakan lem sebagai perekat pada ujung anyaman agar posisi tidak berubah.
  5. Lipat kain flanel anyaman kemudian sisipkan busa agar tas lebih memiliki bentuk, gunakan lem agar tetap menempel pada kain kemudian rapikan pinggiran kain flanel dengan menggunakan gunting.
  6. Siapkan tali tas kemudian gunakan lem pada ujung-ujung tas sebagai pegangan.
  7. Tempelkan kancing pengait agar tas bisa dibuka dan ditutup.

Inilah 2 cara membuat tas wanita dengan menggunakan kain flanel. Cara ini cukup mudah dilakukan sehingga anda dapat menambah koleksi tas lucu dan unik atau bahkan anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha kerajinan tas yang sangat diminati banyak orang.


Volver a la Portada de Logo Paperblog