Revista Comunicación

Memahami Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Hasil Datanya

Publicado el 30 junio 2020 por Víctor V. Valera Jiménez @VictorVValera

Memahami Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Hasil Datanya

jenis metode untuk penelitian memang banyak sekali. Salah satunya dibedakan berdasarkan hasil datanya. Ada dua jenis data yang dihasilkan dari sebuah penelitian yaitu hasil yang berupa angka dan berupa analisis data. Dengan menentukan hasilnya, anda jadi tahu metode pengumpulan data apa yang harus dilakukan. Berikut ini jenis metode penelitian berdasarkan hasil datanya yang harus anda pahami.

Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif menghasilkan data yang berupa angka. Anda harus mengolah atau menganalisis hasil penelitian menjadi sebuah angka. Penelitian kuantitatif bisa bersifat korelasi, deskriptif dan asosiatif yang berhubungan antar variabelnya. Untuk jenis metode ini biasanya hanya menganalisis tingkat variable pada sampel atau populasi. Kemudian asosiatif dan korelasi akan mencari hubungan dua variabel atau lebih. Korelasi akan menghasilkan hubungan antar variabel dan asosiatif akan mencari hubungan sebab akibat antar variabel penelitian.

Dalam metode ini anda bisa mengumpulkan data melalui metode survei dan eksperimental. Anda bisa membaginya menjadi dua kelompok. Yang akan mendapatkan perlakukan dan ada pula yang tidak. Kedua grup tersebut harus memiliki kemiripan. Anda juga bisa melakukan survei dengan membagikan angket dan melakukan wawancara. Sehingga hasil penelitian lebih akurat dan bisa diolah dengan rumus yang tepat.

Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kuantitatif menghasilkan data yang berbentuk angka, sedangkan penelitian kualitatif menghasilkan data yang berbentuk narasi. Disini anda tidak akan bermain dengan angka penelitian. Namun kesimpulan berupa narasi yang sesuai dengan hasil penelitian. Cakupan penelitian menggunakan kualitatif lebih kecil. Namun harus diteliti dengan lebih mendalam. Sehingga menghasilkan hasil penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Pengumpulan datanya bisa menggunakan metode fenomenologi, naratif, etnografi, grounded dan studi kasus. Peneliti harus menjabarkan hasil penelitian sesuai dengan objek yang diteliti. Penjelasannya harus dilakukan dengan kronologis yang baik.biasanya penelitian ini sering dilakukan pada bidang psikologi, sosiologi atau filsafat.

Dengan memahami kedua metode penelitian yang kami kutip dari website daftarpustaka.org diatas, anda jadi tahu data apa yang akan digunakan untuk penelitian anda. semua memiliki kelebihan kekurangan masing-masing, pilih yang sesuai dengan jenis penelitian anda.


Volver a la Portada de Logo Paperblog